Apa yang membesarkan sebuah bangsa?

Parameter kebesaran suatu tidak hanya ditentukan oleh besar luas wilayah yang dimilikinya, itu hanyalah Sumber Daya Alam. Akan tetapi, ada sesuatu yang lebih penting dari semua itu, itulah Sumber Daya Manusia (SDM).

SDM itu akan mempunyai peranan penting dalam membesarkan suatu bangsa. Ada sebuah negara dengan contoh SDM yang mengagumkan yaitu Singapura.

Singapura dengan SDM mengagumkan yang dimilikinya telah dengan sangat baik menutup kekurangan SDA-nya. SDM yang militant itu kemudian secara mengagumkan mengolah apa-apa saja SDA yang dimilikinya menjadi sesuatu yang bernilai jual tinggi. Sukses menaikkan harga nilai jual SDA yang miskin itu (terutama di konversi ke dalam industry pariwisata), warganya pun “menjual diri” secara brilian sebagai ahli-ahli dan penasehat di bidang IT, industri, dan pendidikan.

Contoh lain, Jepang.

Jepang pada pertengahan abad 20 hancur luluh akibat kebrutalan perang dimana Jepang merupakan salah satu negara yang kalah perang. Walaupun demikian, di bawah puing-puing kehancuran infrastruktur dan sosial, Jepang dengan perlahan-lahan namun pasti bangkit. Kepedihan yang di derita menjelma menjadi pembakar semangat yang sangat efektif dan efisien. Layaknya seperti batu bara untuk bahan bakar dalam sebuah mesin uap. Perlahan namun pasti Jepang kemudian menguasai diri mereka sendiri. Kemudian beranjak mengusai Asia dan akhirnya menjadi salah satu kekuatan ekonomi di dunia.

Dari dua contoh di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa SDM itu adalah sesuatu yang sangat berharga dan menempati hirarki tertinggi untuk pembangunan suatu bangsa. Etos kerja adalah parameter penting itu.

Di satu sisi, ranah kebesaran yang dicapai bangsa-bangsa yang mengandalkan SDM mereka yang mengagumkan itu adalah terutama terbatas dalam pembangunan fisik dan mental secara keduniawian. Kecondongan terhadap duniawi ini sebenarnya bukan masalah jika kita bisa membentuk pola pikir yang seimbang antara duniawi dengan ukhrawi.

Sekarang kita melihat apa yang sedang terjadi dengan bangsa Indonesia ini?

Bangsa ini memang besar terutama oleh SDA-nya, namun sayang seribu sayang, SDM-nya belum terasah dengan baik sehingga kekayaan SDA itu seolah menjadi sedikit tidak bermakna.

Bukan maksudku menggurui karena kapasitasku belum cukup sampai di sana. Namun, aku hanya memberikan berusaha mengutarakan pendapat. This is a democracy country, isn’t? Bukankah kebebasan mengeluarkan pendapat adalah salah satu parameter yang menentukan kebesaran suatu bangsa? Tentu saja cara menyampaikan pendapat itulah yang akan menjadi penilaian public. Dan bagaimana penilaianmu? Itu tergantung pada cara pandang system individumu sendiri untuk menjawabnya.

 

*****

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: