10 Universitas dengan Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Dunia

  Assalamu’alaikum.

First of all, Peace, Love, Sympathy, and Solidarity Forever for us!

Tulisan ini disadur dari sebuah blog online tentang teknik mesin. Tulisan ini tidak bermaksud untuk mengangung-agungkan teknik mesin, sebuah disiplin ilmu pada universitas ataupun perguruan tinggi. Namun, ini hanyalah hasil tinjauan dunia terhadap jurusan teknik mesin yang memiliki prestasi-prestasi luar biasa. Tidak hanya sebatas ilmu, namun yang lebih penting mereka, para mahasiswa dan staff institusi tersebut. dapat mengaplikasikannya di dalam dunia nyata dengan satu tujuan: meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya dan mencerahkan dunia keteknikan pada khususnya.

Semoga prestasi yang telah mereka raih dapat menjadi teladan bagi dunia pendidikan kita, khususnya dunia teknik mesin perguruan tinggi di Indonesia. Kita tidak lagi hanya melahirkan insinyur-insinyur mesin yang berkapasitas setengah-setengah yang bahkan tidak memahami esensi dari teknik mesin itu sendiri. Esensi seorang insinyur mesin itu adalah menjadi problem-solver (pemecah masalah), bukan pakar (pembuat sukar). Contoh pakar (pembuat sukar) itu, tak jarang mereka merambah dunia politik yang ujung-ujungnya menjadi adalah mencari harta dan tahta.

Bisnis, perdagangan, dan uang memang unsur-unsur penting dalam dunia keteknikan, namun seorang insinyur mesin sejati pasti akan mencari itu semua dalam koridor rekayasa teknik.  Bukan ikut-ikutan menyimpangkan diri terlibat dalam organisasi-organisasi yang tidak jelas visi dan misinya.

Teknik mesin adalah ibu dari segala disiplin ilmu teknik. Massa, gerak, gaya, energy, desain, dan manufacturing adalah bagian dari dunia teknik mesin. Itu meliputi penelitian, perencanaan, pengembangan, konstruksi dan pengujian alat-alat, mesin dan peralatan mekanik lainnya. Pendidikan dari sebuah universitas yang telah terkenal baik dengan kelayakannya, perguruan tinggi atau sekolah teknik adalah vital bagi semua insinyur mesin akibat sifat teknis yang tinggi dari teknik mesin.

Menurut ranking teknik mesin universitas, 10 top universitas atau perguruan tinggi terbaik untuk teknik mesin adalah MIT, Stanford University, UC Berkeley, University of Cambridge, California Institute of Technology (Caltech), Imperial College London, University of Tokyo, ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology), University of Oxford and National University of Singapore (NUS).

  1. MIT (Massachusetts Institute of Technology)

MechE, MIT (Massachusetts Insttitute of Technology) adalah barangkali teknik mesin yang paling termasyur dan top di dunia, dan dikenal baik untuk ide-ide kritis dan filosofi-filosofi pada pendidkan teknik. Ketika kita berbicara tentang teknik mesin maka MIT adalah institusi terbaik untuk itu. Departemen teknik mesin mereka menawarkan tiga program sarjana yang berbeda, semua berhubungan dengan jalur spesifik minat dan delapan program pascasarjana, termasuk doctor ilmu pengetahuan. MechE menarik dan menonjolkan sebuah keberagaman dan kuantitas yang sangat luar biasa dari individu-individu yang sangat berbakat, termasuk 400 mahasiswa sarjana, 500 mahasiswa pascasarjana dan sekitar 75 anggota fakultas.

Website: http://meche.mit.edu/

2. Stanford University

Universitas Stanford di California adalah peringkat tinggi berikutnya dari 10 top teknik mesin di dunia. Teknik mesin pada Universitas Stanford dikenal baik oleh dunia untuk prestasi teknik yang berorientasi kewirausahaannya. Departemen teknik mesin pada Universitas Stanford menawarkan gelar pada tingkat sarjana, master, dan doctor.

Website: www.me.stanford.edu

3. University of California, Berkeley (UCB) (UC Berkeley)

Menurut beberapa laporan dan rangking dunia, UC Berkeley adalah top sekolah teknik mesin lainnya di dunia. UCB menawarkan program sarjana sebagaimana pascasarjana dalam bidang, dengan spesialisasi dan lebih mefokuskan pada teknik kelautan, mekatronik, energy dan lingkungan, manufacturing, bioengineering, komputasi dan MEMS dan NANO.

Website: www.me.berkeley.edu

4. University of Cambridge

Universitas Cambridge adalah salah satu institusi teknik mesin terbaik di dunia. Universitas Cambridge adalah salah satu universitas tertua di dunia dan salah satu yang terbesar di Inggris. Reputasinya untuk prestasi akademik yang luar biasa dikenal secara luas di dunia dan mencerminkan prestasi intelektual mahasiswanya, dan juga penelitian original kelas dunia yang dilakukan oleh staff-staff universitas. Mereka berambisi membekali insinyur mesin muda dengan keahlian analisis, desain, perhitungan yang dapat menyokong penerapan teknik modern, sementara mendorong kreatifitas dan keahlian penyelesaian masalah yang sangat penting bagi seorang insinyur mesin.

Website: www.eng.cam.ac.uk

5. California Institute of Technology (Caltech)

California Institute of Technology (Caltech) dikenal baik sebagai universitas dengan teknik mesin terbaik. Teknik mesin pada Caltech mempunyai catatan keunggulan yang panjang. Itu membawa tiga element dasar: individu berbakat luar biasa; sebuah penekanan pada prinsip-prinsip dasar ilmu termal, mekanika fluida dan bahan, dan system mekanik; dan sebuah atmosfir yang menginspirasi seseorang untuk mendalami tantangan-tantangan teknologi kritis terbaru. Ketertarikan mereka berubah seiring dengan waktu, namun misi inti mereka dari melatih pemimpin masa depan dan melaksanakan penelitian dasar untuk mendalami teknologi tetap ada. Saat ini, Anda akan menemukan mahasiswa dan fakultas sedang bekerja pada sel bahan bakar berstruktur nano, laboratorium gempa, material dan peralatan ferroelektrik aktif, neural prosthetics, aliran puing, respon struktur terhadap ledakan, asal muasal mekanika kuantum pada kekuatan material dan algoritma genetic untuk desain.

Website: www.me.caltech.edu

6. Imperial College London

Perguruan tinggi lainnya untuk teknik mesin terbaik di dunia adalah Imperial College London. Itu tetap berada pada daftar sepuluh perguruan tinggi dengan teknik mesin terbaik di dunia sejak beberapa tahun. Departemen teknik mesin pada Imperial College London  adalah salah satu departemen yang terbesar dan paling maju di Inggris dan dunia. Mereka berada pada puncak departemen teknik mesin berdasarkan Research Assessment Exercise 2008 terbaru, yang dilakukan oleh pemerintah Inggris. Keseluruhan misi dari departemen adalah untuk membagikan beasiswa kelas dunia, pendidikan dan penelitian pada teknik mesin, dengan kehormatan khusus penerapan dalam industry, kesehatan dan perdagangan. Imperial College menawarkan gelar mesin pada tingkat sarjana, pascasarjana, dan doctor.

Website: www.imperial.ac.uk/mechanicalengineering

7. University of Tokyo

Universitas Tokyo mempunyai sebuah sejarah panjang dalam menyediakan gelar teknik mesin terbaik, karena itu universitas ini menghasilkan insinyur mesin teknik yang sangat terkemuka di dunia. Universitas Tokyo menawarkan gelar teknik mesin pada tingkat sarjana dan pascasarjana.

Website: www.mech.t.u-tokyo.ac.jp/English

8. ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology)

Zurich (Swiss Federal Institute of Technology) mempunyai sebuah Departemen Teknik Mesin dan Proses terbaik di dunia. Mereka menawarkan gelar teknik terbaik yang terkenal di seluruh dunia. Departemen Teknik Mesin dan Proses mendidik mahasiswa untuk keunggulan dan kepemimpinan dalam ilmu pengetahun dan industry melalui penelitian terbaru pada sebuah dasar internasional untuk menghadapi tantangan masyarakat global dan ekonomi di dalam Swiss melalui inovasi teknik dalam bidang teknologinya. Misi mereka adalah untuk menjangkau dan menjaga keunggulan serta kepemimpinan.

Website: www.mavt.ethz.ch

9. University of Oxford

Oxford adalah universitas berbahasa Inggris tertua di dunia dan telah ada sejak abad kesembilan hingga sekarang. Sebagai sebuah pusat ketermasyuran secara internasional untuk pengajaran dan penelitian, Oxford menarik mahasiswa dan sarjana dari seluruh dunia, dengan hampir seperempat mahasiswa berasal dari luar negeri. Lebih dari 130 kebangsaan diwakili di tengah-tengah populasi mahasiswa yang berjumlah sekitar 18.000 orang. Universitas Oxford menghasilkan insinyur mesin terbaik dunia yang dihargai dan dikenal dengan baik di seluruh industry dunia. Jadi, Universitas Oxford adalah salah satu universitas dengan teknik mesin terbaik di dunia.

Website: www.eng.ox.ac.uk

10. National University of Singapore (NUS)

Diakui sebagai salah satu universitas terbaik di dunia, National University of Singapore (NUS) adalah sebuah universitas komprehensif yang menawarkan sebuah kurikulum berjangkauan luas ditekankan oleh kursus multi-disiplin dan pengayaan lintas fakultas. Departemen teknik mesin pada NUS terkenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Itu tetap berada pada daftar sepuluh perguruan tinggi dengan teknik mesin terbaik dunia sejak lama. Selain gelar sarjana, pascasarjana, dan doctor, NUS juga menawarkan kerjasama teknik mesin kepada insinyur mesin selama liburan musim panas.

Website: www.me.nus.edu.sg

“We must never put forward results that we have not throughoutly evaluated, and we must never conceal the short coming of our product. This is the fundamental responsibility of our profession to our society”.

*****

sumber:

http://www.mechanicalengineeringblog.com/374-world-top-10-best-mechanical-engineering-universities-colleges-rankings/

*****

14 Responses to “10 Universitas dengan Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Dunia”

  1. oke, skarang aq udah tau tujuan q brikitx…
    makasih ya mbah yang mbuat blog…

  2. kog ga ada yang di jerman ya??

  3. kak mau nanya dong, tapi mungkin ini agak melenceng dari konteks yang di atas hehe. kalau jurusan teknik lingkungan di luar negri itu ada gak sih? atau mungkin ada cuman penamaan jurusannya aja yang berbeda? trus kalau ada , univ mana yang punya jurusan seperti teknik lingkungan yang bagus? maaf ya kak banyak nanya hehe, makasih sebelumnya🙂

  4. Salam SOLIDARITY FOREVER !

  5. Wah…. Keren
    Berarti sya tau harus kemana….
    Oke trima kasih yg punya blog yang mantap

  6. Muy buen articulo, muchas gracias por mostrarnos el otro lado de este excelente informacion, gracias de nueva cuenta por compartirlo con nosotros, y muchas felicidades.

    • Very good article, thank you very much for showing us the other side of this excellent information, thanks for sharing new account with us, and congratulations.

      Oh, thank you for visiting my account, I hope there’s new brighter in your point of view, and also (of course) thanks Mr. G translator🙂

  7. UGM MANA ?????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: