[Hot Moments and Pics] Liga Champions 1999-2013: Balada Kepuasan dan Kekecewaanku

Liga Champions (LC) adalah liga paling bergengsi di daratan benua biru Eropa. Namun, aku baru benar-benar mengikuti liga ini sejak tahun 1999. Beruntung liga ini ditayangkan secara konstan oleh stasiun televisi swasta RCTI karena pada saat itu hanya RCTI sebagai televisi swasta yang baru meluaskan jangkauan siarannya ke daerahku.

Piala Champions, piala fenomenal dan prestisius se-Eropa untuk kelas antar klub. Piala ini dikenal juga dengan sebutan “The Big Ear”

Seiring perjalanan waktu dan pergantian tahun sejak 1999 itulah perasaan puas dan kecewa silih berganti datang kepadaku. Hal ini tidak lain karena setiap final LC tersebut mempertemukan tim yang salah satunya kujadikan favorit juara. Namun sepakbola bukanlah hitungan matematis. Segala sesuatunya bisa saja terjadi di dalam sebuah pertandingan sepakbola.

Berikut ini adalah kronologis balada kepuasaan dan kekecewaanku yang datang silih berganti dalam setiap final LC yang kuikuti:

1. 1999. Manchester United (2) vs Bayern Muenchen (1). 

Saya kecewa berat dengan hasil final ini. Bagaimana tidak? MU cuma butuh 3 menit injury time untuk membalikkan keadaan dan menumbangkan jagoanku Bayern Munchen. Samuel Kuffour, bek Munchen asal Ghana,  pun tak kuasa menahan tangisnya karena sepak pojok pertama MU berawal dari tindakannya membuang bola melewati garis gawang.

Gol Solkjaer ke dalam gawang Kahn dalam neraka injury time 3 menit

Samuel Kuffour menangis 1999

Samuel Kuffour tak kuasa membendung tangisnya di final LC 1999

Champions League 1999 Bayern-Spieler fassungslosPara pemain Bayern terkejut dengan gol balasan MU di “neraka injury time”

Pemain MU merayakan Juara LC 1999

2. 2000. Real Madrid (3) vs Valencia (0).

Meskipun tidak ada tim jagoan saya di final, namun saya cukup puas dengan hasil pertandingan ini.

Pemain Real Madrid: Juara LC 2000

Selebrasi pemain Real Madrid

3. 2001. Bayern Muenchen (1) (5) vs Valencia (1) (4).

Klub jagoanku, Muenchen, tampil kembali di final melawan finalis tahun lalu, Valencia. Saya puas dengan hasil akhir dimana Muenchen memenangkan adu pinalti. Kahn adalah sosok pahlawan Muenchen pada malam itu di mana dia mampu menahan tiga tendangan penalti para pemain Valencia.

Aksi heroik Oliver Kahn menahan tendangan penalti pemain Valencia

Pemain Muenchen: Juara LC 2001

4. 2002. Real Madrid (2) vs Bayer Leverkusen (1).

Saya sedikit kecewa dengan hasil pertandingan. Saat itu saya mengunggulkan Bayer Leverkusen sebagai jawara baru Eropa, namun Madrid lebih beruntung. Salah satunya lewat aksi fantastis Zinedine Zidane, mencetak gol kemenangan Madrid sekaligus mencatatkan gol tersebut sebagai gol terbaik liga champions 2002.

Aksi heroik Zidane menjebol gawang Bayer Leverjusen. Ballack pun hanya terlongo

Selebrasi pemain Real Madrid: Juara LC 2002

5. 2003. AC Milan (0) (3) vs Juventus (0) (2).

Saya netral dalam pertandingan ini.

Selebrasi pemain AC Milan: Juara LC 2003

6. 2004. Porto (0) vs AS Monaco (3).

Saya puas dengan hasil pertandingan ini. Porto akhirnya tampil sebagai kampiun dan mematahkan prediksi banyak pengamat.

Era kejayaan Mourinho dimulai dari sini

Selebrasi pemain Porto: Juara LC 2004

7. 2005. Liverpool (3) (3) vs AC Milan (3) (2).

Saya netral dalam pertandingan ini, namun hasil akhirnya benar-benar pedih buat Milan. Bagaimana tidak? Sudah unggul 3-0 di babak pertama, eh malah liverpool yang memboyong piala.

Selebrasi pemain Liverpool: Juara LC 2005

8. 2006. Barcelona (2) vs Arsenal (1).

Saya puas klub jagoan saya dari Spanyol tampil luar biasa mengungguli Arsenal.

Selebrasi pemain Barcelona: Juara LC 2006

9. 2007. AC Milan (2) vs Liverpool (1).

Saya puas lihat dengan hasil akhir yang mana sampai juga niat Milan balas dendam terhadap hasil final 2 tahun sebelumnya😀

Selebrasi pemain AC Milan: Juara LC 2007

10. 2008. Manchester United (1) (6) vs Chelsea (1) (5).

Ane cukup kecewa dengan hasil pertandingan ini. Chelsea sangat kurang beruntung. Terry pun ngawur menendang bola setelah terlebih dahulu terpeleset.

Selebrasi pemain MU: Juara LC 2008

11. 2009. Barcelona (2) vs Manchester United (0).

Saya puas klub jagoan saya dari Spanyol menghajar MU di final. Skor akhir 2-0🙂

Selebrasi pemain Barcelona: Juara LC 2009

12. 2010. Inter Milan (2) vs Bayern Muenchen (0).

Saya cukup kecewa dengan hasil pertandingan ini. Klub jagoan sayadari Jerman, Muenchen, tidak mampu membalas 2 gol Diego Milito, Striker Inter Milan di final. Padahal statistik ball possession 80 : 20 untuk keunggulan Muenchen. Ya, Muenchen tidak cukup beruntung di final ini Kawan.

Selebrasi pemain Inter Milan: Juara LC 2010

13. 2011. Barcelona (3) vs Manchester United (1).

Lagi-lagi jagoan saya dari Spanyol memboyong The Big Ear. Lagi-lagi menghempaskan Manchester United dengan skor 3-1.

Selebrasi pemain Barcelona: Juara LC 2011

14. 2012. Chelsea (1) (4) vs Bayern Munchen (1) (3).

Saya kecewa Munchen kalah dari Chelsea lewat drama adu penalti. Drogba adalah pahlawan Chelsea dalam pertandingan ini.

Didier Drogba scores in the 2012 Champions League Final

Aksi Drogba menjebol gawang Munchen di Final Liga Champions 2012, Munich

chelsea champion UCL

Chelsea Juara Liga Champions 2012, Munich

15. 2013. Bayern Munchen (2) vs Borussia Dortmund (1).

Saya puas karena Munchen juara. Arjen Robben jadi pahlawan dalam pertandingan ini.

Borussia Dortmund vs Bayern Munich

Aksi Robben membobol gawang Dortmund di final Liga Champions 2013, Wembley – London

munchen kings of europe 2013

FC Bayern Munchen, Kings of Europe 2013, Wembley, London.

Inilah klub-klub jagoan ane gan.

1. Dari Jerman

FC Bayern Muenchen

2. Dari Inggris

Chelsea FC

3. Dari Spanyol

FC Barcelona

2 Responses to “[Hot Moments and Pics] Liga Champions 1999-2013: Balada Kepuasan dan Kekecewaanku”

  1. I know this if off topic but I’m looking into starting my own weblog
    and was wondering what all is required to get set up?
    I’m assuming having a blog like yours would cost a pretty penny?
    I’m not very internet savvy so I’m not 100% certain. Any tips or advice would be greatly appreciated.
    Thanks

Leave a Reply

